Pelatihan Pembangunan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)

May 14, 2022

Jakarta-Bawas : Selasa 26 April 2022 pukul 09.00 WIB Plt.Kepala Badan Pengawasan MA RI membuka acara pelaksanakan pelatihan pembangunan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) pada 16 (enam belas) Pengadilan Tingkat Pertama secara daring. Acara dihadiri oleh para Inspektur Wilayah, Hakim Tinggi Pengawas dan Hakim Yustisial pada Badan Pengawasan. Adapun narasumber oleh Nadia Sarah Sustain dan Horasman Boris Ivan.

Nadia Sarah menyampaikan materi tentang manfaat dan tujuan pengendalian membangun SMAP serta teknik dan strategi membangun SMAP yang efektif. Menurut Sarah seluruh personel pengadilan wajib melakukan perbaikan yang mengacu pada komitmen dalam kebijakan anti penyuapan, sasaran anti penyuapan, hasil audit, analisa data tindakan perbaikan dan preventif, tinjauan manajemen puncak dan tinjauan FKAP.

Dikesempatan yang sama narasumber selanjutnya Horasman Boris Ivan menyampaikan materi tentang pedoman penilaian SMAP. Menurut Ivan ada 2 kategori kelulusan untuk satuan kerja yang akan melaksanakan pembangunan SMAP dan satker yang akan dievaluasi, yaitu berdasarkan nilai yang memenuhi syarat penilian dan tidak terdapat temuan mayor (afn).