Get Adobe Flash player
Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

PAMERAN KAMPUNG HUKUM 2019

kampung hukum

Jakarta-Bawas: Ada yang berbeda dari kegiatan Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI tahun 2019 yang diselenggarakan Mahkamah Agung RI di Jakarta Convention Center, (27/02/2019). Kegiatan pembacaan Laporan Tahunan (Laptah) kali ini diramaikan dengan adanya Pameran Kampung Hukum yang mengusung tema "Akselerasi Mewujudkan Peradilan Elektronik" yang diikuti oleh seluruh satuan kerja di lingkungan Mahkamah Agung RI dan beberapa stakeholder.

Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI (Bawas) sebagai salah satu bagian didalamnya tak luput dari pusat perhatian dalam pameran tersebut. Tidak hanya tampilan stan saja yang unik dan menarik, tetapi pengunjung juga disuguhkan dengan kecanggihan teknologi yang dimulai dari pengisian buku tamu elektronik, edukasi mengenai Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) dan e-Monitoring, games online tentang ilmu hukum dan pengetahuan umum hingga pengisian kuesioner elektronik untuk mengetahui penilaian stan Bawas oleh pengunjung yang datang. Salah satunya ditunjukkan oleh pemilik akun instagram balaisidangjcc yang memuat postingan foto stan bawas.

balaisidangjcc

Ketua Mahkamah Agung RI, M. Hatta Ali yang didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial (Muhammad Syarifuddin) dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Non-Yudisial (Sunarto) mengapresiasi pengembangan dan implementasi teknologi informasi yang semakin pesat di Bawas, diantaranya dengan adanya SIWAS. Hal ini diujicoba langsung oleh pengacara Juniver Girsang yang ikut mendampingi.

kampung hukum1

Aplikasi SIWAS versi 3 saat ini telah dilengkapi dengan versi mobile sehingga sangat memudahkan para pelapor untuk menyampaikan aduannya dimanapun dan kapanpun, bahkan ketika suatu pelanggaran sedang terjadi. Untuk itu dengan adanya sosialisasi dan edukasi melalui pameran tersebut, diharapkan masyarakat sebagai pelapor dapat merasakan kemudahan saat menemukan adanya pelanggaran dalam proses peradilan serta merasa aman karena identitas pelapor terjaga kerahasiaannya. (zsu/af)